Kamis, 22 Januari 2015

Guide Menjadi Support dalam Game Dota

Peran support ada karena terbatasnya sumber daya (experience dan gold) dalam map. Karena itu, sumber daya tersebut harus diprioritaskan ke hero carry yang lebih membutuhkan farm. Hero carry sangat lemah di early game, tapi ia akan menjadi kuat di middle/late game. Hal sebaliknya berlaku untuk hero support. Mengingat game Dota biasanya berkisar antara 30-40 menit, pengaruh hero support secara perlahan akan memudar dan hero carry akan menjadi semakin kuat. Karenaitu,  peran support harus bisa mengontrol alur game saat early game dan memastikan hero carry mendapatkan farm yang dibutuhkannya.
Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa konsep kunci seorang carry harus mendapatkan farm sebanyak-banyaknya dan membawa timnya memenangin sebuah game. Untuk peran support, konsep kuncinya adalah menyeimbangkan farm dengan tugasnya sebagai support dan mengontrol game semaksimal mungkin dengan sumber daya yang terbatas.
Berikut adalah cara-cara bermain support :
1. Menyeimbangkan farm
Kesalahan dalam memainkan support yang paling sering ditemui adalah hero support tidak boleh menganggu farm carry. Cara memainkan support dengan tidak mendapat farm sama sekali adalah konsep yang sudah sangat kuno. Dua tahun lalu, cara bermain seperti ini sangat efektif, tetapi di tengah metagame yang sangat aktif ini, zero-farm support sangat tidak efektif.
Tentu saja prioritas farm terbesar harus diberikan untuk carry. Akan tetapi, seorang carry yang baik pasti mengerti bahwa ia akan membutuhkan mapcontrol dari support-nya untuk memenangi game. Solusinya adalah, hero support harus mendapatkan exp dan gold dari sumber yang berbeda dengan carry. Seorang carry biasanya akan mendapat farm di lane. Maka, hero support bisa mendapat exp dan gold dari hutan (dengan menarik creep) atau dengan melakukan gank ke lane lain.
Contoh terbaik adalah bagaimana Chuan dan Faith memainkan peran support di tim IG. Mereka bisa mendapat item kunci seperti force staff, blink dagger dll secepat mungkin untuk mengontrol permainan.
2. Posisi
Seperti yang sudah dijelaskan, hero support akan melemah seiring dengan berjalannya waktu. Hero support sudah pasti akan diincar oleh musuhnya karena survavibility-nya yang lemah. Karena itu, seorang support harus mempunyai kemampuan memosisikan diri yang baik.
Keuntungan pertama dengan skill positioning yang baik adalah mudahnya mengontrol teamfight. Bila seorang support dapat bertahan hidup dari awal sampai akhir dalam sebuah teamfight, semakin banyak skill yang bisa ia keluarkan dalam rentang waktu tersebut. Contohnya adalah Lina. Lina mempunyai stun area dengan cooldown 7 detik. Bila ia bisa mengeluarkan stun-nya 2 atau bahkan 3 kali dalam sebuah teamfight, timnya akan mendapat keuntungan disable area berkali-kali. Ingat, nilai disable sama pentingnya dengan damage. Mengeluarkan banyak disable dalam sebuah pertempuran sama berartinya dengan mengeluarkan damage yang besar. Konsep memainkan support sebagai korban atau tumbal dari sebuah teamfight sudah tidak berlaku lagi.
Keuntungan kedua adalah meminimalisir gold untuk musuh. Ketika seorang hero mati, ia akan memberikan gold dan exp yang besar kepada musuhnya dan ia sendiri akan kehilangan gold. Bila seorang support tidak bisa memosisikan dirinya dengan baik, ia akan memberikan gold dan exp yang banyak kepada musuhnya. Efek lainnya adalah, hero carry di timnya akan kesulitan mengejar level dan item musuhnya karena jumlah exp dan gold dari membunuh hero bernilai lebih besar daripaa membunuh creep.
Karena itulah farm sangat penting bagi hero support. Bila ia mempunyai item seperti drum, force staff, mekansm dll akan sangat mudah baginya untuk mengontrol game. Bandingkan –misalnya- dengan Crystal Maiden yang belum mempunyai boots of speed di menit 10. Begitu terlihat oleh musuhnya, ia pasti akan langsung diincar dan ia tidak akan bisa kabur dari mereka.
3. Efisiensi
Sama seperti hero carry yang harus mendapat farm setiap detiknya, hero support pun tidak boleh membuang waktunya dengan tidak melakukan apa-apa. Kesalahan terbesar yang paling sering dijumpai adalah seorang support yang hanya diam di belakang carry yang sedang me-lashit creep. Dengan melakukan hal tersebut, hero support tersebut merugikan baik dirinya dan carry-nya. Ia tidak mendapat gold sama sekali, ia dan carry-nya tidak mendapat exp dengan optimal.
Berikut adalah dasar-dasar dari laning phase sebagai support untuk berbagai situasi :
  • Outnumber, 2 vs 1 atau 3 vs 1. Hero support tidak boleh hanya diam dibelakang carry-nya. Ia harus melakukan pekerjaan lain yang lebih menguntungkan, misalnya bermain agresif dan mencegah hero solo musuh mendapat exp, menarik creep, creep stacking, atau gank ke lane lain.
  • Seimbang, 2 vs 2 atau 3 vs 3. Situasinya lebih sulit dibandingkan sebelumnya. Di sini, seorang support harus bisa menilai keadaan dengan baik dan mempunyai komunikasi yang baik dengan carry-nya. Biasanya, support akan memfokuskan diri untuk men-deny creep dan menyelematkan carry bila ia diserang. Bila seorang support mau meninggalkan carry, misalnya untuk pulling, stacking, atau ganking, pastikan partnernya mengetahui bahwa ia akan ditinggalkan sehingga ia bisa bermain lebih aman tanpa back-up dari support-nya.
  • Outnumbered, 2 vs 3, 3 vs 4 dst. Dalam situasi ini, sebuah tim hampir pasti akan kalah di lane tersebut karena jumlah hero musuhnya lebh banyak. Di sinilah komunikasi, kerjasama, dan judgement skill menjadi sangat penting. Kemampuan untuk menilai trade menjadi sangat penting di sini. Pertimbangannya adalah apakah kalah di lane tertentu dapat dinetralisir dengan kemenangan di lane lain atau jungler mendapat farm yang cukup ? Bila kalah dalam di 1 lane dapat digantikan dengan kemenangan di 2 lane lain atau jungler mendapat farm yang aman dan dapat memenangi game kemudian, trade dapat dilakukan dan kekalahan di satu lane berubah menjadi keuntungan bagi tim.
Setelah laning phase selesai, biasanya hero support akan berotasi dalam map untuk mengontrol tempo permainan. Entah apakah ia harus farming, ganking, stacking, mempertahankan tower, atau melindungi temannya, seorang support harus memastikan ia melakukan sesuatu yang berguna setiap detiknya.
4. Mengontrol map
Controlling the map means controlling the game. Begitu pentingnya sebuah map control sehingga tim yang bisa menguasai map secara otomatis dapat menguasai game. Support dapat mengontrol map dengan mobilitas dan vision dari warding.
Dengan bergerak ke setiap sudut map, hero support menebarkan ancaman ke musuhnya. Bila hero support menghilang dari map, hal pertama yang terlintas di pikiran musuh adalah bermain lebih aman untuk menghindari gank kepadanya. Dengan ganking, seorang support akan mengancam musuhnya, tetapi ia tidak mendapat apapun bila gank tersebut gagal . Karena itu, seorang support harus mengetahui waktu yang tepat untuk ganking. Contoh paling baik adalah LGD.Int dalam  perjalanannya menembus final G-League 2013 atau Navi di TI2. Faktor kunci dari kesuksesan mereka  itu adalah betapa efisiennya gank yang dilakukan oleh Misery-1437 dan Puppey-AA. Setiap gank yang mereka lakukan selalu berbuah dengan kill sehingga mereka mendapat gold, exp, dan –yang terutama- map control.
Warding adalah aspek penting lain bagi seorang support. Warding di sini bukan hanya menyediakan vision dari observer wards, tetapi juga mematikan vision dari musuhnya. Dengan adanya vision di tempat vital, tim dapat mendeteksi adanya gank yang datang atau memudahkan tim itu sendiri untuk ganking. Selain itu, ward juga berguna untuk mendeteksi musuh yang akan membunuh roshan atau untuk melindungi tim sendiri. Masih banyak lagi fungsi dari ward yang tidak bisa dijelaskan satu per satu. Singkatnya, warding sangat penting untuk mengontrol map dan membantu untuk mengambil keputusan untuk memenangkan game. Beberapa pemain support yang sangat hebat dalam hal warding adalah EHOME.820 (sudah pensiun) dan NS.
5. Item
Mengingat farm diprioritaskan untuk carry, secara otomatis gold yang dipunyai oleh support akan relatif lebih sedikit. Karena itu, seorang support harus membeli item-item murah dengan efek yang besar. Item seperti drum, vladmir, mekansm, eul, urn dll adalah item kunci untuk seorang support. Akan tetapi, seorang support juga tidak boleh lupa untuk membeli courier, observer ward, sentry ward, dan smoke. Ingat, seorang support harus menyeimbangkan gold untuk memperkuat diri sendiri dan menolong timnya.
Contoh Pemain Support
Berikut ini adalah beberapa pemain support yang layak dicontoh disertai dengan karakterisitik utamanya :
  • IG.Faith : support terbaik saat ini dengan kemampuan untuk meng-outplay musuhnya dengan level dan item yang terbatas, positioning dan teamfight control yang hebat.
  • IG.Chuan : hampir sama seperti Faith, hanya saja Chuan lebih membutuhkan item besar dan hal ini diimbangi dengan kemampuan farming-nya yang di atas rata-rata untuk standar support.
  • EHOME.820 (inaktif): drafter yang cerdik, salah satu warder terbaik dalam sejarah Dota
  • LGD.Gx (inaktif) : babysitter (pelindung carry) terhebat disertai dengan skill positioning yang hebat
  • Navi.Puppey : jungler terbaik dengan micro dan mobilitas yang luar biasa
  • VP.NS : warder terbaik (seimbang atau hanya sedikit di bawah EHOME.820)
Dikutip dari snakesneaks

0 comments:

Posting Komentar