Kamis, 22 Januari 2015

Guide Menjadi Offlaner dalam Game Dota

Offlaner adalah peran yang dimainkan oleh seorang hero di offlane atau suicide lane. Bagi yang belum paham, offlane atau suicide lane berada di lane atas Radiant dan lane bawah Dire. Lane ini disebut suicide lane karena posisi creep akan cenderung lebih dekat dengan tower musuh dan akan sangat mudah digank dari hutan di sampingnya. Posisi ini sangat tidak populer di game public karena risikonya yang sangat tinggi dan sulitnya mendapat farm yang memadai. Akan tetapi, di game kompetitif, peran offlane tidak boleh diremehkan dan sama pentingnya dengan peran lainnya seperti carry, solomid, dan support. Dalam prioritas farm, offlaner berada di posisi nomor 3 (carry berada di nomor 1 dan support di nomor 5).
Dalam perannya, offlaner harus merusak ritme laning musuh dan mendapat farm seoptimal mungkin. Metagame Dota sekarang berkutat pada strategi 3-cores (1 maincarry dan 2 semicarry). Offlaner adalah salah satu bagian dari semicarry karena itu ia harus mendapat farm yang cukup.
Terkadang beberapa tim tidak memainkan offlaner-nya sebagai hero solo, tetapi sebagai bagian dari trilane. Dalam artikel ini, poin yang dibahas adalah cara memainkan offlaner sebagai hero solo melawan duallane atau trilane musuh di suicide lane.
1. Bertahan hidup

Hal ini adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh offlaner. Bagaimanapun kondisinya, offlaner tidak boleh mati terbunuh bahkan dalam kondisi 1 vs 3 sekalipun. Seorang offlaner harus bermain dengan sangat aman agar ia tidak terbunuh. Akan sangat lebih baik baginya untuk tidak mendapatkan gold atau exp sama sekali daripada terbunuh ketika berusaha mendapatkan exp.
2. Menganggu laning musuh
Sekedar bertahan hidup saja tidak cukup untuk menjadi offlaner. Ia juga harus melakukan sesuatu yang produktif. Hal yang paling mendasar adalah menganggu ritme laning musuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :
  • Dark Seer : memakai ion shell ke creep sehingga musuh akan mendapat damage ketika meng-lashit creep (bila hero musuh adalah melee), mendorong creepwave sehingga memaksa musuh untuk meng-lasthit creep di bawah serangan tower, dan membuat ragu hero support untuk menarik creep ke neutral creep. Bila DS berada dalam posisi 1 vs 1, ia dapat melakukan creep skipping yaitu memotong dan membunuh creep wave sebelum creep mencapai tower 1.
  • Bounty Hunter :bila musuh tidak membawa detection item (sentry ward, dust, dan gem), maka BH bisa meng-harass hero yang sedang farming di lane tersebut. Selain itu, ia juga bisa mencoba untuk men0deny creep. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memotong jalur creep musuh dan membawanya ke tower sendiri. Keuntungannya adalah BH bisa mendapat exp dari membunuh creep di tower sendiri sedangkan musuh akan kesulitan untuk meng-lasthit creep di bawah towernya.
  • Clockwerk : dengan cog-nya, clock dapat mengurung creep sendiri untuk menunda jalannya creep dan membawa creep equilibrium lebih dekat ke tower sendiri. Cog juga dapat dipakai untuk meng-harass dan mengacaukan ritme lashit musuh. Bila clock sudah mendapat aksses ke skill rocket flare, ia dapat menggunakannya untuk membunuh creep dan meng-harass musuh juga.
  • Nature Prophet : NP dapat menggunakan treant-nya untuk mencegah spawning neutral creep  Dengan begitu, musuh tidak dapat melakukan creep pulling dan creep stacking. Treant juga bisa dimanfaatkan untuk lasthit/deny creep dan meng-harass musuh.
  • Lone Druid : sama seperti bounty hunter, LD juga bisa memotong creep dan membawanya ke tower sendiri. Akan tetapi, hal ini sudah jarang dilakukan di versi 6.78b karena bounty bear sudah dinaikkan menjadi 300 gold.
  • Windrunner : dengan base attack range dan cast range powershot yang jauh, WR dapat dengan mudah meng-harass musuh yang sedang farming.
  • Batrider : sticky napalm dapat dipakai untuk mengacaukan animasi dan gerakan musuh yang mencoba untuk meng-lasthit. Firefly juga bisa digunakan untuk menghabiskan creep dengan cepat dan memaksa musuh meng-lasthit di bawah tower mereka.
3. Membatasi aktivitis hero support
Bila hero carry musuh mengalam kesulitan di lane maka support-nya harus datang untuk membantunya. Sekarang, offlaner tidak dapat bermanuver dengan bebas karena ia akan melawan 2 atau 3 hero di lane. Akan tetapi, hal ini sangat menguntungkan karena :
  • Hero support tidak bisa berotasi ke lane lain sehingga hero di safe lane dan mid lane akan aman dari gank.
  • Memaksa hero support untuk berada di dekat carry-nya sehingga exp yang didapatkan carry akan terbagi dengan support-nya dan hero support juga tidak bisa mendapat gold dan exp yang seharusnya bisa didapat dari pulling dan stacking. Bila musuh hanya mengirimkan 1 hero support ke lane dan 1 support untuk menarik creep, offlaner dapat mencari celah untuk mencuri neutral creep hasil pulling mereka untuk mendapatkan gold dan exp untuk diri sendiri.
4. Ganking
Bila musuh mengirimkan 2 hero support ke lane untuk membantu carry, offlaner tidak akan bisa mengganggu musuhnya lagi dan tidak dapat mencuri neutral creep. Hal ini sangat baik karena sedikitnya exp dan gold yang didapat oleh trilane mereka. Akan tetapi, skenario ini bisa dibuat lebih baik lagi dengan melakukan gank ke lane lain. Musuh akan berusaha untuk menjaga creep equilibrium agar dekat dengan tower mereka sehingga offlaner tidak dapat mencuri exp. Tentu saja offlaner tidak bisa hanya diam saja di lane. Ia bisa melakukan hal lain yang lebih berguna yaitu menganggu musuh di lane lainnya.
5. Farming
Memaksa 2 hero support untuk tetap berada di sekitar carry memang menguntungkan karena secara keseluruhan mereka akan menjadi underfarmed. Akan tetapi, offlaner sendiri harus mendapat farm yang cukup karena ia sendiri akan menjadi semicarry yang merupakan bagian dari 3-cores. Karena itu, offlaner harus menyeimbangkan perannya sebagai penganggu lane musuh dan mendapat farm untuk dirinya sendiri.
Ada beberapa cara untuk mendapat farm sebagai offlaner misalnya :
  • Windrunner dan Beastmaster dapat melakukan ancient farming
  • Ada kalanya carry musuh sangat handal dalam menjaga creep equilibriumnya dan 2 support-nya dapat berkoordinasi untuk melindungi carry dan melakukan pulling & stacking sekaligus. Offlaner tidak akan bisa mendapat farm dalam kondisi seperti itu. Maka, offlaner dapat melakukan jungling di hutan sendiri. Contoh offlaner yang dapat melakukan jungling adalah Nature Prophet, Batrider, Dark Seer, Lone Druid dll.
6. Mempertahankan tower
Kehilangan tower berarti memberikan 200 gold kepada masing-masing hero musuh dan kehilangan mapcontrol. Imbasnya adalah hero yang sedang ancient farming akan mudah di-gank. Khusus untuk offlane Dire, kehilangan tower 1 di offlane akan memperlambat respons ke Roshan.
Cara paling mendasar untuk mencegah hancurnya tower adalah dengan membunuh beberapa creep musuh sebelum jumlahnya menjadi sangat banyak. Akan tetapi, beberapa tim yang sudah terlatih dapat mengontrol creep mereka dan dapat menumpuk 2 atau 3 creepwave dalam 1 wave. Dalam kondisi ini, offlaner harus bisa menarik aggro creep dari tower. Caranya adalah dengan menyerang creep dengan attack biasa atau dengan skill (misalnya powershot, flamebreak, ion shell, wild axe dll). Gunakan skill dari jarak yang tidak bisa dijangkau oleh trilane musuh, tetapi usahakan agar hero offlaner dapat terlihat oleh creep untuk menarik aggro mereka. Aggro creep akan berpindah dari tower ke hero apabila creep menerima damage dan sumber damage-nya terlihat oleh mereka. Apabila sumber damage tidak terlihat maka creep akan tetap menyerang tower. Tentu saja menarik aggro creep harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak dibunuh oleh trilane musuh. Bila tower sudah tidak bisa dipertahankan lagi, usahakanlah agar tower 1 musuh juga bisa dihancurkan oleh trilane teman sendiri untuk meminimalisir kerugian.
7. Warding
Memasang observer ward adalah satu-satunya cara untuk mengetahui gerak-gerik musuh sehingga offlaner dapat mengambil keputusan dengan tepat. Di versi 6.78, jumlah observer ward dibatasi menjadi 2 saja di awal game, tetapi true sight range sentry ward juga dikurangi. Karena itu, warding harus dilakukan dengan lebih kreatif. Karena lokasi warding untuk mencegah neutral creep spawn relatif lebih mudah ditebak, sebaiknya ward yang digunakan adalah sentry ward. Sight range observer ward yang lebih jauh dapat dimanfaatkan lebih baik yaitu mendeteksi gank ke offlaner atau ke lane lain. Akan tetapi, bila seorang offlaner tahu bahwa musuh tidak akan men-deward, observer ward bisa digunakan untuk mencegah neutral spawn karena durasinya yang lebih lama (durasi observer ward adalah 6 menit sedangkan durasi sentry ward adalah 2 menit).
 w1
w2

Perhatikan 2 gambar di atas. Observer ward adalah lokasi yang umum digunakan. Lokasi tersebut memberikan view paling jelas, tetapi sangat mudah diprediksi dan akan sangat mudah di-deward. Sentry ward adalah lokasi alternatif yang bisa dipakai. View yang diberikan relatif baik dan lebih sulit diprediksi.
Ringkasan
Kunci bermain sebagai offlaner yang paling penting adalah bertahan hidup. Dengan bertahan hidup, seorang offlaner harus dan bisa mengkombinasikan poin 2 s/d 6, yaitu menganggu laning musuh, membatasi aktivitas support musuh, ganking, farming, dan mempertahankan tower. Warding yang tepat akan sangat membantu offlaner untuk memilih keputusan yang tepat dari pilihan-pilihan yang ada.
Pemain Offlaner Profesional
Berikut ini adalah contoh pemain profesional yang bermain sebagai offlaner :
  • YYF
Sejauh ini YYF adalah pemain offlaner terbaik yang pernah ada. Sebelum YYF menjadi terkenal sebagai offlaner, fungsi offlaner adalah menempati lane yang tersisa dan berusaha agar tidak dibunuh oleh trilane musuh. YYF mengembangkan fungsi offlaner dan berhasil memperkenalkan pentingnya posisi nomor 3 ini dalam permainan.
Karakter permainan YYF yang sangat konservatif menjadikannya sangat cocok untuk bermain sebagai offlaner. Dia akan lebih memilih untuk mendapat 0 exp dan 0 lasthit selama beberapa menit daripada mengambil risiko. Pengalaman, decision making, dan kemampuan farming-nya membuatnya dapat menutup defisit farm di early game dan menjadikannya sebagai semicarry di mid dan late game.
  • Lightofheaven
LOH hanya berada sedikit di bawah YYF dalam memainkan peran offlaner. Keduanya memiliki perjalanan karir yang mirip yaitu pernah bermain sebagai solomid, hardcarry, dan kemudian offlaner. Karakter permainannya pun tidak terlalu berbeda jauh. Perbedaan paling jelas adalah LOH cenderung mengambil risiko sedangkan YYF tidak akan mengambil risiko sama sekali.
Bukan kebetulan bahwa IG dan Navi menjadi finalis TI2 karena keduanya mempunyai 2 offlaner terbaik dunia saat itu. Kualitas YYF dan LOH mengungguli LGD.Xiao8LGD.Yao,DK.ROTK,dan offlaner tim-tim lainnya. YYF dan LOH menyadarkan dunia bahwa peran offlaner menjadi sangat penting dalam kompetisi profesional.
  • Xiao8 dan Yao
Keduanya tidak dapat dipisahkan karena mereka dapat memainkan solomid dan offlaner. Mungkin mereka bukan offlaner terbaik seperti YYF dan LOH, tetapi fleksibilitas mereka membuat musuh bingung dalam drafting phase. Musuh akan kesulitan untuk menebak siapa yang bermain sebagai solomid dan offlaner berikut dengan hero-heronya.
  • AdmiralBulldog
AB mempunyai karakter yang unik sebagai offlaner. Permainannya dengan Lone Druid dan Nature Prophet adalah salah satu yang terbaik di dunia, tetapi permainannya dengan hero offlaner lain seperti Dark Seer, Bounty Hunter dll hanyalah biasa-biasa saja. Kelebihan AB yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk meng-outplay musuh dalam 1 vs 1 di laning phase. Bila YYF dan LOH hanya berfokus untuk mencari farm untuk mereka sendiri, AB akan berusaha untuk meng-outlane musuhnya. Kelemahannya adalah rendahnya disiplin dan lemah dalam menghadapi situasi 1 vs 3.

Dikutip dari snakesneaks

0 comments:

Posting Komentar